• Jln. By Pass Aur Kuning No.1 Bukittinggi

  • Facebook fakesumsumbar

  • Instagram fakes_um.sumbar

BPH dan LPIM Evaluasi Penerapan Al-Islam Kemuhammadiyahan di Fakultas Kesehatan

Bersama BPH dan LPIM

Badan Pelaksana Harian (BPH) dan Lembaga Pengkajian Al-Islam Kemuhammadiyahan (LPIM) Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat melakukan evaluasi Edaran Bersama BPH dan Pimpinan UM Sumatera Barat (Rektor) tentang standar Al-Islam Kemuhammadiyahan pada Fakultas Kesehatan UM Sumatera Barat, Senin 20 Maret 2023, di Kampus III UM Sumatera Barat, Bukittinggi. Tim Evaluasi yang terdiri dari Drs. Marhadi Effendi, M,Si selaku Sekretaris BPH, Dr. Ilham, MA dan Hendri Novigator, M.Pd mewakili LPIM disambut hangat oleh Dekan, Dosen serta Tenaga Kependidikan di lingkungan Fakultas Kesehatan.

Dekan Fakultas Kesehatan Yuliza Anggraini, S.ST., M.Keb meluapkan rasa kegembiraannya didatangi BPH beserta rombongan.  Dalam sambutannya beliau menguraikan beberapa capaian-capain standar Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) yang telah diimplementasikan di lingkungan Fakultas Kesehatan UM Sumatera Barat mulai dari tingkat Pimpinan sampai kepada tenaga Kependidikan. Salah satunya, melalui Gugus Kendali Mutu (GKM) Fakultas Kesehatan telah lama melaksanakan monitoring dan evaluasi terkait penerapan nilai-nilai AIK dengan cara pengisian form Monev AIK bagi seluruh civitas akademika Fakultas Kesehatan yang bertujuan selain memotivasi Dosen dan Tenaga Kependidikan meningkatkan mutu bidang AIK yang merupakan standar mutu penciri bagi PTM/PTMA, juga digunakan dalam kepentingan akreditasi dan Audit Mutu Internal. Sementara itu, Marhadi Effendi mengatakan bahwa kehadiran tim adalah dalam rangka evaluasi Edaran Bersama terkait standar Al-Islam Kemuhammadiyahan di tingkat  Fakultas, dan ia menambahkan bahwa hasil Audit Mutu Internal (AMI) Fakultas Kesehatan mendapat nilai terbaik pada standar 10 berkenaan dengan Al-Islam Kemuhammadiyahan.

Sedangkan Dr. Ilham, M.A koordinator bidang pendidikan menggali sejauhmana integrasi materi kuliah dengan AIK, dan para dosen langsung memperlihatkan bukti bahwa hampir seluruh materi ajar mata kuliah sudah diintegrasikan dengan AIK berdasarkan himpunan putusan tarjih Muhammadiyah (HPT). Hendri Novigator, M.Pd menambahkan soal implementasi standar kampus Islami, Dekan dan para Dosen menguraikan pembiasaan membaca Al-Quran setiap hari dan cek pelaksanaan ibadah melalui google form rutin dilakukan di lingkungan Fakultas Kesehatan sebagai bukti usaha pencapaian kampus Islami.

Dekan berharap kepada LPIM agar dapat memfasilitasi Fakultas dengan berbagai macam dukungan baik dari segi aturan, bahan dan sarana sebagai penunjang agar tercapainya standar AIK di tingkat Fakultas. BPH dan LPIM mengucapkan terima kasih atas sambutan yang sangat terhormat dari Fakultas Kesehatan, kami akan menjadikan Fakultas Kesehatan ini sebagai contoh bagi fakultas lain dalam pelaksanaan penerapan standar AIK di lingkungan UM Sumatera Barat.

-SR82-

SHARE KE: