• Jln. By Pass Aur Kuning No.1 Bukittinggi

  • Facebook fakesumsumbar

  • Instagram fakes_um.sumbar

PERINGATI HUT KE-76 RI UM SUMBAR LUNCURKAN BUKU BIOGRAFI TOKOH MUHAMMADIYAH DAN PEJUANG KEMERDEKAAN

Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Peluncuran dan bedah buku terbitan UMSB Press tersebut dihadiri secara virtual oleh Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, SP Dt. Marajo, keluarga besar Samik Ibrahim, Ketua PWM Sumbar Buya H. Shofwan Karim, wartawan Senior H. Basril Djabbar, dan antropolog dan guru besar UGM Prof. Dr. Syafril Sairin, MA.

Dalam sesi bedah buku yang dipandu oleh Efri Yoni, SS, MA (editor UMSB Press) tersebut diungkapkan sosok Samik Ibrahim yang penuh warna. Laki-laki kelahiran Agustus 1908 tersebut digambarkan sebagai saudagar sukses, pendidik, perintis Muhammadiyah dan TKR Angkatan Laut. Mengutip ulasan akademis dari sejarawan Fachri Ali bahwa Samik Ibrahim adalah seorang tokoh revolusioner bahkan pernah meminjamkan uang lebih dari Rp4 juta pada saat itu kepada Devisi IX Banteng tahun 1945-1947.

Samik Ibrahim meninggal dunia tanggal 24 Nopember 1978 saat menunaikan ibadah haji di Makkah. Setahun kemudian, dia dianugerahi piagam penghargaan sebagai pahlawan masyarakat oleh Gubernur Sumbar Ir. Azwar Anas tanggal 17 Agustus 1979. Pada tahun 2017, Samik Irahim juga memperoleh penghargaan dari PWM Sumbar atas jasa-jasanya dalam pengembangan cabang dan ranting Muhammadiyah di Pesisir Selatan.

(EFRIYONIBAIKOENI)(humas UM Sumbar Bukittinggi)

SHARE KE: